Sunday, December 31, 2006

Lebaran Haji Tahun Baru

Lebaran haji sering kita sebut untuk hari raya islam yang satu ini, karena hari raya Idul Adha merupakan hari raya islam yang diikuti dengan ibadah qurban dn pelaksanaan Haji.
Apakah yang bisa kita ambil dari hari besar ini.
Yang pertama di bulan ini umat islam yang mampu, melaksanakan ibadah Haji untuk menunaikan salah satu rukun islam, hukumnya untuk menunaikan rukun islam adalah wajib, bagi yang ”mampu”.
Maksudnya mampu disini mampu dalam lahiriyah dan batiniah.
Dan ibadah qurban adalah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS, untuk memotong hewan Qurban dan dagingnya itu dibagikan kepada yang berhak.
Dua peristiwa atau ibadah besar yang terjadi pada hari raya Idul Adha, merupakan sebuah hikmah yang sangat banyak dan bermakna bagi umat islam khususnya....
Dalam tahun ini hari raya idul adha hampir bertepatan dengan pergantian tahun baru Hijriah...
Hari raya idul Adha tanggal 31 Desember dan malam nya merupakan malam pergantian Tahun Masehi.
Sebenarnya dalam tulisan ini gue bukan untuk menghubungkan pergantian tahun yang hampir bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.....
Yang jelas gue mau mencoba menambah isi blog gue yang jarang gue isi,
Tahun 2006 mau habis, jadi gue coba isi blog ini…
Intinya gue ingin intropeksi diri dan mencoba merenungi makna dari Hari raya Idul Adha untuk menjadi media penanaman keyakinan dan kedekatan diri gue yang doif ini kepada Allah SWT, walaupun gue belum bisa melaksanakan Ibadah Haji dan Qurban, tetapi gue mencoba untuk mengambil Hikmahnya dari ibadah tersebut.
Dan hari ini tanggal 30 desember 2006 tepatnya tadi siang gue Alhamdulillah telah bisa berkunjung ke tempat dimana gue pernah menuntut Ilmu Agama (Surau Baitul Ibadah) yang tepatnya di ciputat, dan di sana gue sempat sholat berjamaah dan ibadah dzikir berjamaah, walaupun disana gue gak ketemu dengan Guru tapi entah kenapa gue merasakan ketenangan berada disana, padahal sewaktu disana hujan turun deras,
Entah apa yang bisa gue petik dari ketenangan itu, tapi yang jelas memang tempat itu bisa memberikan ketenangan bagi yang menginginkannya. Mudah mudahan Allah SWT, menjadikan kejadian atau kunjungan pada hari ini sebagai perantara untuk intropeksi diri gue, dan di tahun 2007 nanti gue bisa menjadi lebih baik.
Jadi pergantian Tahun ini dipenuhi dan di barengi dengan Hikmah Ibadah yang semoga menjadi pergantian tahun yang paling bermakna bagi gue khususnya .
Dan di blog ini mudah mudahan di tahun depan bisa gue isi dengan curhatan gue yang berisi hikmah dan ilmu khususnya bagi gue dan siapa saja yang sudi membaca cerita gue.
Amien,….

2 comments:

Anonymous said...

Halo pak Henri, Sepertinya kita satu guru kalo benar yang diciputat, tepatnya dikampung sawah.
Salam kenal.

Ari
masari_ss@yahoo.com

Henri ilham said...

ya betul saya pernah tinggal disana di surau baitul ibadah, salam kenal kembali..kalau boleh tahu di man kanda posisi