Sunday, July 6, 2008

Tak pernah kulupa 2

Cerita ku sebelumnya di tak pernah kulupa 1 telah kuceritakan disekitarku yang pernah membimbing aku di lingkungan keluarga ku sendiri yaitu keluargaku langsung, sebenarnya ada juga di lingkungan keluargaku yang cukup mempengaruhi dan cukup membantu keluarga kami yaitu paman kami (Mak Etek) Marzal Chaniago, aku ingin cantumkan gelar dia tapi takut salah soalnya yang ku tahu Drs tapi seingatku beliau kuliah lagi untuk S2 tapi entah gelarnya apa. Yang penting dia adalah pamanku yang cukup berpengaruh dalam keluarga ku. Karena dalam keluarga Orang Minang Paman itu cukup berpengaruh, apalagi beliau dari semenjak pga dan kuliah tinggal bersama Ibuku beliau lebih dekat dengan Ibuku dari pada Ayahnya, karena Ibuku yang mensuport cita - cita beliau untuk terus kuliah,(itu menurut cerita ibuku).
Dan sebenarnya banyak juga saudarku yang lain memang yang cukup membantu diriku dalam menjalani perkembangan hidup.




Dalam tulisan kali ini aku ingin coba mengingat guru dan beberapa orang di luar saudaraku yang sedikit banyaknya mengajarkan sesuatu yang bermanfaat kepadaku disaat kecil.
Yang pertama ALmarhum Aki Juhri yang beliau yang sering sholat berjamaah di mesjid AL - Muqarabin sewaktu tinggal di Banjar. Masih Ingat sewaktu itu aku belum sekolah pun sering berjamaah sholat setiap waktu sholat lima waktu. Beliau ustad sekaligus pengurus mesjid yang ramah dan senang bergaul dengan masyarakat, begitu juga istrinya yang rajin mengisi pengajianibu ibu.., Keluarganya sudah seperti keluarga, keluarganya baik semua dan ramah semua kepada keluarga kami.




lulus ya Guru SD yang paling kuingat adalah Ibu KenTarsih (maaf kalau salah tulis) beliau adalahguruSDN 1 Banjar, beliau mengajar menulis dan membaca. Karena perantara beliaulah kami bisamembaca, kenapa aku bilang kami karena keluarga ibuku dari mulai kakak pertama ku dansampai dengan ku semua pernah mengalami dididik oleh beliau, dan kalau tidak salah anak beliau pun yang paling kecil sama atau sekelas dengan ku namanya Nanin kalau ga salah ( gimanakabar dia sekarang?)
Kemudian Aku ingat yang paling berkesan kelas 5 dan 6 dengan dua nama Guru yaitu Bapak Agus beliau mengajar kelas 5 dan 6 beliau guru pindahan dari sekolah lain beliau guru yang segala bisa kesenian nya jago juga, kami sering mengadakan pelajaran tambahan di rumah beliau, karena sering belajar tambahan di rumah beliau kami jadi yakin untuk ikut ebtanasa dan masuk ke SMP, dan Tak lupa Ibu Ikah beliah guru agama yang ramah sekali. Dan sepertinya kalau dia marah terasa sebagai seorang Ibu atau orang tua kita sendiri. Jadi kita takut karena hormat dan sayang terhadap beliau.
memang banyak juga guru yang lain bukan mereka tidak atau kurang berjasa cuman sewaktu SD itu yang paling berkesan.
tetapi semua guruku di SDN 1 Banjar Hebat hebat semua. makanya mereka bisa menghasilkan lulusan anak SD yang berkualitas ...ciyeeee.




Sewaktu SMP aku sekolah alhamdulillah di SMP N 1 Banjar guru yang paling berkesan adalahIbu Wiwiet (maaf kalau salah tulis) beliau kalau menurut aku seperti guru guru di Televisimengajar dengan profesional dan cukup berkesan banget walaupun (maaf) orangnya Cukupgemuk tapi beliau selalu energik dan semangat kalau mengajar, dan wajar saja kalau beliaumerupkan Instruktur Ekstrakurikluer DRume BANd SMPN 1 Banjar, dan kebetulan anak beliau juga teman baikku yaitu Febrian (gimana kabarnya ya sekaran?), aku sering main ke rumahbeliau. bermain dan belajar dengan anaknya, tapi jujur kebanyakan mainnya hehehe.
dan Di smpn 1 banjar ada Guru spesial juga yaitu IBu LIen dan (alm) Bpk H Dudun, beliau suami istri yang kebetulan bertetangga dengan ku, beliau sangat baik sekali, dan kebetulan aku pernah deket dengan anaknya heheh, (GR) ....
dan banyak juga guru yang sangat berjasa semua untukku.




sewaktu SME aku sekolah di SMEA PAsundan Banjar guru yang paling berkesan adalah sebelumnya aku ingin mengucapkan terima kasih buat KEpala Sekolah Bapak Adang Ruhiadang namanya selalu kuingat walaupun beliau kelihatan sudah cukup tua tapi dia selalu segar dalam memimpin sekolah tersebut.




Dan Kang Ara yang melatih Pramuka dan Kak Rahmat, S Ag adalah guru agama sekaligus pembina pramuka orangnya yang selalu tenang dalam berbicara. dan Pak Agus Pembina OSIS yang orangnya pintar sekali AKutansinya.
Tak Lupa Pak Salam yang masih muda hebat sudah bisa ngajar walaupun beliau masih darah muda tapi beliau suka sok TUa heheh sori ya pak, tapi Bapak Hebat kok ...(walaupun kita pernah salah paham)
Dan banyak juga guru yang hebat hebat di SMEA Pasundan Banjar, tapi ga tau gimana sekarang nasibnya SMEA Pasundan Banjar. masih banjir kah ???
Mereka semua yang disebut di atas orang orang yang sangat berkesan sekali dalam hidupku baik yang terasa dulu sewaktu tinggal di Banjar baik sampai sekarang.
Semoga Mereka Mendapat pahala yang berlipat ganda. amien



2 comments:

Anonymous said...

salam buat kang Henry,
Kang Henry teh alumni tahun sabaraha? nepangkeun abdi Darsono
Alumni th 1993/1994 salam oge ka Kang Ara,Pa Dedy setiady ka P'Agus
Ka'Pa sahanya guru marketing anjeuna teh sapertos surya paloh,
salam kasadayana, iraha aya reuni yeuh as sararono ,

Henri ilham said...

Aduh ga usah manggil akang donkk, soalnya saya lulusan 97, yang seperti surya paloh siapa ya? pak asep tapi kurus atau pak endang koswara....,
sami abdi ge sono ka sakola pasundan tehhh....